Header Ads

Cara Memimpin Rapat yang Baik dan Benar

PRO-TGBest.net. Rapat  merupakan sebuah aktifitas yang dilakukan oleh sekumpulan orang yang tergabung dalam sebuah organisasi, ataupun team.Rapat dilakukan untuk membicarakan, menyampaikan pendapat,serta memutuskan suatu kesepakatan tentang suatu topik yang telah ditentukan.

Mungkin bagi orang-orang yang telah terbiasa, bukanlah sesuatau yang sulit untuk memipin sebuah rapat.Namun bagaimana dengan seorang pemula yang sangat jarang memimpin sebuah rapat bahkan belum pernah sama sekali memimpin sebah rapat ? Tentu akan merasa gugup takut,dan tidak percaya diri. Untuk itu, yang harus diketahui bagi para pemula dalam memimpin sebuah rapat yaitu:

  • Tenangkan hati dan fikiran, buang semua fikiran tentag urusan lain di luar serta fokus pada yang akan disampaikan pada saat rapat.Karena, cara ini berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi saat memimpin sebuah rapat.
  • Yakinkan diri anda,bahwasanya anda bisa memimpin rapat tersebut dengan baik.
  • Berpakaian yang rapi.Faktor ini sangat berpengaruh dalam membangkitkan rasa percaya diri. Bayangkan jika dalam memimpin sebuah rapat anda berpenampilan acak-acaakan.Tentu rasa tidak percaya diri akan timbul,karena sebagai pemimpin rapat anda menjadi pusat perhatian semua peserta rapat.
  • Persiapkaan materi yang akan disampaikan.Dalam sebuah rapat tentu ada hal-hal penting yng akan disampaikan.Persiapkanlah materi tersebut sebelum rapat,agar saat rapat dimulai anda sudah siap dengan materi yang akan disampaikan sehingga tidak mengulur waktu.
  • Kuasai lingkungan rapat.Perhatikan setiap orang yang tergabung di dalam rapat tersebut.Di dalam sebuah rapat pasti ada orang yaang tidak fokus.Tugas anda adalah mengembalikan pusat perhatian orang tersebut ke rapat dengan cara mengajak orang tersebut berinteraksi dengan sekedar menanyakan apakah orang tersebut mengerti dengan yang telah disampaikan.
  • Ciptakan suasana yang santai tapi serius,dengan cara memberikan sedikit lalucon di sela-sela rapat. Dengan begitu peserta rapat tidak merasa jenuh dan tegang dalam mengikuti rapat.
  • Buatlah suasana rapat terasa  responsif dengan cara mendengarkan dengan serius saat peserta rapat menyampaikan pendapatnya ,agar peserta rapat  lebih nyaman dalam menyampaikan pendapatnya.

Sebuah rapat pada dasarnya untuk mendapatkan kespakatan bersama . Dalam menyampaikan rapat yang paling penting adalah konsentrasi.

No comments

ADS

Powered by Blogger.